Keefektifan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MAN Demak pada materi getaran harmonik tahun ajaran 2016/2017

Sari, Wahyu Bunga (2017) Keefektifan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X MAN Demak pada materi getaran harmonik tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133611024.pdf]
Preview
Text
133611024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan Proses Sains (KPS) merupakan keterampilan dasar
yang perlu dimiliki siswa untuk dapat membentuk pengetahuan sendiri
dan lebih memahami apa yang dipelajari. Namun, KPS di MAN Demak
belum menjadi perhatian dalam pembelajaran fisika. Sehingga perlu
dilakukan penelitian terhadap keefektifan model pembelajaran yang
dapat meningkatkan KPS siswa. Dalam penelitian ini menggunakan
model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning)
yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
tersebut dalam meningkatkan KPS siswa kelas X MAN Demak pada
materi getaran harmonik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan desain eksperimen true experimental design. Desain
yang digunakan adalah posttest – only control design dengan data
pendukung berupa observasi dan wawancara. Hasil analisis posttest
menggunakan uji t, diperoleh ( ) sehingga Ha
diterima, yang artinya rata – rata KPS siswa kelas eksperimen lebih baik
daripada kelas kontrol. Hasil analisis data observasi, rata – rata KPS
siswa kelas eksperimen adalah 76, 97 % (kategori baik) lebih baik
daripada kelas kontrol 73, 96 % (kategori cukup). Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa model pembelajaran POGIL
efektif untuk meningkatkan KPS siswa MAN Demak pada materi getaran
harmonik. Selain efektif untuk meningkatkan KPS, dari hasil observasi
dan wawancara terhadap siswa, model pembelajaran POGIL juga dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa, melatih kemampuan pemecahan
masalah dan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains; Model pembelajaran; Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL); Getaran harmonik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:30
Last Modified: 16 Dec 2021 10:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7835

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics