Pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap peningkatan kreativitas siswa dan hasil belajar fisika fluida statis serta dinamis kelas XI SMK Palapa Mijen Semarang

Maoni, Rahma Aulia (2017) Pengaruh model pembelajaran problem based instruction terhadap peningkatan kreativitas siswa dan hasil belajar fisika fluida statis serta dinamis kelas XI SMK Palapa Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123611025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran fisika siswa kelas XI SMK Palapa Mijen Semarang cenderung pasif, menyebabkan daya kreativitas dan hasil belajar yang tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Palapa Semarang pada materi fluida statis dan dinamis. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Palapa Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif true experimental design dengan metode posttest only control design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode cluster random sampling yang terdiri dari kelas kontrol yaitu kelas XI TKR (Teknik Kendaraan Ringan) 1 dan kelas eksperimen yaitu kelas XI TKR 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara model pembelajaran PBI terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata tingkat kreativitas sebelum diberi perlakuan berupa pembelajaran berbasis PBI adalah 71,62%, setelah diberi perlakuan rata-rata kreativitas siswa meningkat sebesar 87,35%, menunjukkan bahwa model PBI memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kreativitas siswa. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa pembelajaran berbasis PBI adalah 48,96%, setelah diberi perlakuan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,96%, menunjukkan bahwa model PBI memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan kreativitas dan hasil belajar yang dialami oleh siswa kelas XI TKR 2 dalam materi fluida dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran yang didasarkan pada penyelesaian suatu permasalahan saat proses Pembelajaran, yaitu model pembelajaran PBI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKusuma, Hamdan HadiUNSPECIFIED
Thesis advisorJasuri, JasuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Based Instruction; Berpikir kreatif; Kreativitas siswa; Hasil belajar; Fluida statis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:35
Last Modified: 28 Jun 2018 01:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7871

Actions (login required)

View Item View Item