Faktor-faktor Psikologi dalam Menghafal Kosakata Arab untuk siswa TK “Pangudi Siwi” Wadas Kandangan Temanggung

Faizah, Rifka Azka (2012) Faktor-faktor Psikologi dalam Menghafal Kosakata Arab untuk siswa TK “Pangudi Siwi” Wadas Kandangan Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083211043_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211043_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211043_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211043_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211043_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211043_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083211043_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (37kB) | Preview

Abstract

Peneliti membahas faktor-faktor psikologi dalam menghafal untuk siswa TK Pangudi Siwi Wadas Kandangan Temanggung. Dengan menjawab beberapa jumlah pertanyaan penelitian yaitu : 1) Bagaimana metode pembelajaran bahasa arab dalam menghafal kosa kata Arab, 2) Bagaimana kemampuan siswa dalam dalam menghafal kosa kata Arab, 3) Apa saja factor yang memepengaruhi hasil menghfal secara psikologi. Dan untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis m Elakukan penelitian lapangan untuk siswa TK Pangudi Siwi dan Faktor psikologi dalam menghafal untuk siswa TK Pangudi Siwi Wadas Kandangan Temanggung. Pengumpulan data dengan teknik, observasi dan wawancara dilengkapi dengan teknik dokumentasi. Dan untuk menganalisis data penulis melakukan metode kualitatif deskriptif. Dan akhirnya diperoleh hasil : 1) metode pembelajaran bahasa arab di Taman Kanak-kanak Pangudi Siwi berbeda dengan Taman Kanak-kanak yang lain, TK Pangudi Siwi memiliki tujuan yang sangat bagus yakni mampu menjadikan siswanya mampu menguasai bahasa arab lebih awal. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasaarab adalah metode bagian dan menggunakan lagu. Media yang ada sangat lengkap sekali. Buku panduannya adalah Cara Cepat Mengenal Bahasa Arab Edisi Bergambar untuk Anak TK/TPQ. Evaluasi yang digunakan guru untuk mengetahui kemampuan hasil belajar adalah tes dan non tes. 2) Hasil kemampuan siswa TK Pangudi Siwi dalam menghafal kosakata arab adalah sebagai berikut : hasil dari segi ketepatan siswa dalam menghafal kosakata Bahasa Arab adalah cuku, karena kebanyakan siswa belum mampu menghafal kosakata Bahasa Arab dengan baik. Hasil dari segi kesesuaian menghafal kosakata bahasa arab adalah baik, mereka mampu menghafal sesuai dengan kemampuan mereka. Dari segi kemahiran dalam menjawab kurang, karena mereka sering lupa dalam hafalannya. Dan dari nilai rata-rata kemampuan siswa kelompok B dalam menghafal kosakata cukup. Dan peran guru dalam proses pembelajaran sangat penting baik dari segi media yang digunakan maupun metode pembelajarannya. 3) factor-faktor psikologi dalam menghafal kosakata Bahasa Arab yaitu dari segi siswa terdiri dari perbedaan pendidikan dan bahasa siswa, perbedaan kemampuan siswa dalam mengucap huruf hijaiyah dan menulisnya, sedikitnya minat siswa dan motivasi dalam belajar Bahasa Arab, sedikitnya perhatian dari kedua orang tua mereka. Dari segi guru yaitu terdiri dari kecepatan guru dalam menerangkan materi dan sedikitnya waktu atau pertemuan belajar Bahasa Arab, sulitnya Bahasa Arab. Dari segi media yang digunakan yaitu tidak adanya materi yang sesuai. Metode-metode yang digunakan guru dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab di sekolahan tersebut yaitu memotivasi anak untuk lebih menyukai Bahasa Arab, memotivasi anak untuk memperbanyak latihan menghafal kosakata, memberi arahan kepada orang tua untuk meningkatkan kemampuan anak mereka, memperbanyak referensi untuk materi yang lebih sesuai, memfariasikan metode pembelajaran yang digunakan, mengutamakan tujuan pembelajaran dari TK tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Faktor Psikologi; Kosakata Arab
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 10 Dec 2013 08:02
Last Modified: 10 Dec 2013 08:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item