Pengaruh Mengaji Al-Qur’an terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Huda Jubang Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012

Arwani, Muhammad (2012) Pengaruh Mengaji Al-Qur’an terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII MTs Nurul Huda Jubang Bulakamba Brebes Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111093_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111093_BAB1.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111093_BAB2.pdf - Accepted Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111093_BAB3.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111093_BAB4.pdf - Accepted Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111093_BAB5.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111093_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini kajiannya dilatarbelakangi oleh akhlak peserta didik yang menyimpang di sekolah dimana semestinya kegiatan keagamaan mengaji al-Qur’an dapat diimplementasikan dalam bentuk akhlak yang terpuji di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah ada pengaruh mengaji al-Qur’an (X) terhadap akhlak peserta didik (Y) kelas VIII M.Ts. Nurul Huda Jubang Bulakamba Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi dimana setiap anggota mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari jumlah populasi yaitu 191 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 peserta didik kelas VIII. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, interviu dan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y. Instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabitas. Hal ini menunjukkan dengan rata-rata nilai angket mengaji al-Qur’an sebesar 81,50 dengan predikat cukup. Demikian juga dengan hasil angket akhlak peserta didik berada pada predikat cukup dengan nilai rata-rata yang diperoleh 79,73. Hasil dari analisis pengaruh variabel mengaji al-Qur’an (X) dan variabel akhlak peserta didik (Y) diketahui dari perhitugan statistik dengan analisis regresi, dimana terdapat pengaruh yang positif antara mengaji al-Qur’an (X) terhadap akhlak peserta didik (Y) kelas VIII di M.Ts. Nurul Huda Jubang Bulakamba Brebes. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan Freg = 23,3105 > Ft 5% = 4,05 sehingga dengan Freg > Ft 5% berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara mengaji al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik kelas VIII M.Ts. Nurul Huda Jubang Bulakamba Brebes. Sedangkan pengaruh variabel X terhadap Y dalam perhitungan R Square adalah sebesar 0,336 / 33,6%, sisanya sebesar 0,664 / 66,4% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para peserta didik dan para guru agama di M.Ts. Nurul Huda Jubang Bulakamba Brebes terutama dalam meningkatkan kegiatan mengaji al Qur’an dan menumbuhkan akhak yang terpuji peserta didik baik di keluarga, sekolah dan masyarakat. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru dan orang tua, hendaknya memahami pentingnya pengaruh mengaji al-Qur’an terhadap akhlak agar dapat mengambil kebijaksanaan dan keputusan yang tepat dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. pada peserta didik M.Ts. Nurul Huda Jubang Bulakamba Brebes. Dalam memberikan motivasi dan perintah hendaknya dengan menumbuhkan kesadaran peserta didik tentang pentingnya berakhlak mulia dalam bermasyarakat serta memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena Madrasah Tsanawiyah di samping sebagai lembaga pendidikan agama juga sekaligus merupakan lembaga penanaman nilai-nilai moral bagi peserta didik agar nantinya dapat ber-al-Akhlak al-Karimah pada kesehariannya dalam masyarakat. (2) Peserta didik, hendaknya lebih meningkatkan aktivitas mengaji al-Qur’an dalam kesehariannya supaya bertambah baik pengetahuan al-Qur’annya, dapat menggunakan atau memanfaatkan waktu secara teratur untuk beribadah dan belajar dengan baik, dapat meningkatkan perilaku terpuji dalam kesehariannya baik ketika di lingkungan keluarga, madrasah maupun dalam masyarakat sehingga diharapkan dapat tercipta peserta didik yang memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat dan dapat Lebih meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas dalam berteman baik di madrasah maupun di lingkungan masyarakat dengan saling peduli dan saling membantu sebagai bentuk al-Akhlak al-Karimah kepada sesama.(3) Pembaca, diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan tentang pengaruh mengaji al-Qur’an terhadap akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mengaji Al-Qur’an; Akhlak Peserta Didik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 10 Dec 2013 06:52
Last Modified: 10 Dec 2013 06:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item