Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 2 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2012/2013

Ulfah, Siti (2013) Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 2 Mayong Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083511026_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511026_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511026_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511026_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511026_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511026_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083511026_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana proses integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 2 Mayong. Penelitian ini bertujuan untuk “mengetahui proses proses pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika SMP Negeri 2 Mayong jepara. Sumber dalam penelitian adalah Guru matematika dan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Mayong Jepara. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Setelah data semua terkumpul, baik melalui wawancara, observasi ataupun dokumentasi maka akan dianalisis secara kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang digunakan untuk berupaya memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang. Dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan, klasifikasi dan analisis pengolahan data, membuat kesimpulan dan laporan, dengan tujuan utama untuk membuat penggambaran tentang suatu keadaan secara objektif dari suatu deskriptif situasi.Kemudian digunakan kerangka berfikir induktif, yaitu berangkat dari fakta khusus kongkrit atau peristiwa-peristiwa yang khusus dibuat menjadi generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 mayong dilakukan mulai dari proses perencanaa, pelaksanaan serta evaluasi pembalajaran matematika. Nilai- nilai karakter utama yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah disiplin (discipline), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligence), dan tanggung jawab (responbility). (2) Pada proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika guru menggunakan berbagai pendekatan pendidikan karakter, yaitu pertama pendekatan penanaman nilai yang dilakukan melalui keteladanan dari guru. Kedua, pendekatan klarifikasi nilai yang dilakukan melalui refleksi langkah-langkah pembelajaran didalam kelas. Dan yang ketiga adalah pendekatan bembelajaran berbuat. Sedangkan dalam pendekatan pembelajaran karakter ini guru menggunakan pendekatan pembelajaran matematika yang berpusat pada guru (teacher centered) yang menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction) atau strategi pembelajaran expository learningyakni bahan atau materi pembelajaran yang disajikan siswa kedalam bentuk jadi dan siswa dituntut untuk menguasai bahan dengan metode ceramah dan tanya jawab antara pendidik dan peserta didik secara kelasikal. Evaluasi dalam pendidikan karakter dilakukan dengan melalui penilaian pengamatan, penilaian sikap (afektif), serta penilaian kinerja (performance).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Matematika; Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 11 Dec 2013 05:20
Last Modified: 11 Dec 2013 05:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item