Pengaruh gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika di kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang

Umayyah, Qurrotul (2017) Pengaruh gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika di kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
cover skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (159kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika di Kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Kajiannya dilatar belakangiolehpemahaman konsep matematika yang rendah diasumsikan karena aspek kinestetik yang tinggi. Selain itu, ada juga anggapan bahwa peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik tinggi sudahpasti lemah dibidang akademiknya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: seberapa besar pengaruh gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika di Kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui kuantitatif asosiatif yang dilaksanakan di Kelas IV SD Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Lembaga sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika di Kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Data tersebut diperoleh dengan cara observasi, kuesioner (angket) untuk menjaring data tentang tingkatan gaya belajar kinestetik peserta didik (variabel X), tes tulis dengan memberikan soal matematika kepada peserta didik untuk mendapatkan hasil dari pemahaman konsep matematika (variabel Y), dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan subyek penelitian sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (gaya belajar kinestetik peserta didik) dan variabel Y (pemahaman konsep matematika) kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian tentang pengaruh gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika di Kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarangmenunjukkan bahwa, Besarnya pengaruh gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang adalah 6,8%. Ini berarti bahwa pengaruh antara gaya belajar kinestetik peserta didik terhadap pemahaman konsep matematika di kelas IV tidak signifikan. Dari hasil perhitungan korelasi product moment diketahui bahwa rxy = 0,261 <rtabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,312. Hal ini menunjukkan bahwa antara kedua variabel tersebuttidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, karena rxy< rtabel. Kemudian melalui uji hipotesis thitung pada Bab IV, maka hasil yang diperoleh dikonsultasikan pada ttabel, diketahui bahwa bahwa thitung = 1,669 dan ttabel 5% = 2,021, maka thitung<ttabel sehingga variabel X dan variabel Ytidak signifikan. Selanjutnya dari hasil perhitungan regresi menunjukkan hasil yangtidak signifikan. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi sederhana. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga Ftabel = 4,10 dan harga Freg = 2,784. Jika dibandingkan maka harga Freg< Ftabel. Dengan demikian hasilnya tidak signifkan. Sehingga dapat dikatakan bahwa gaya belajar kinestetik peserta didik tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep matematika di kelas IV SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorLiani P., KristiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar; Kinestetik; Pemahaman konsep; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:16
Last Modified: 02 Oct 2018 06:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8262

Actions (login required)

View Item View Item