Pengaruh penerapan metode think pair share (TPS) berbantu media flashcard pada keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 materi menceritakan peristiwa di MIN Jungpasir Demak tahun pelajaran 2016/2017

Nasihah, Rokhisatun (2018) Pengaruh penerapan metode think pair share (TPS) berbantu media flashcard pada keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 materi menceritakan peristiwa di MIN Jungpasir Demak tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img] Text
133911028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) Berbantu Media Flashcard Pada Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 Materi Menceritakan Peristiwa di MIN Jungpasir Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga keterampilan berbicara siswa masih sangat rendah, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Think Pair Share (TPS) Berbantu Media Flashcard berpengaruh pada keterampilan berbicara siswa kelas 3 pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan peristiwa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MIN Jungpasir Demak. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di MIN Jungpasir Demak, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B sebgai kelas kontrol. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen metode Think Pair Share (TPS) berbantu flashcard adalah 74.286 sedangkan nilai rata-rata posttes kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional adalah 59.464. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh 6.142 dan 1.674. Uji t akhir menunjukan bahwa pada penelitian ini , maka penerapan metode Think Pair Share (TPS) berbantu flashcard berpengaruh pada keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3, materi menceritakan peristiwa di MINJungpasir Demak tahun pelajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorZulaikhah, ZulaikhahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Think Pair Share (TPS); Media pembelajaran; Flashcard; Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:44
Last Modified: 24 Sep 2018 08:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8272

Actions (login required)

View Item View Item