Pengaruh penerapan metode think pair share (TPS) berbantu media flashcard pada keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 materi menceritakan peristiwa di MIN Jungpasir Demak tahun pelajaran 2016/2017
Nasihah, Rokhisatun (2018) Pengaruh penerapan metode think pair share (TPS) berbantu media flashcard pada keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 materi menceritakan peristiwa di MIN Jungpasir Demak tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133911028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Metode Think
Pair Share (TPS) Berbantu Media Flashcard Pada Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 Materi Menceritakan Peristiwa di MIN Jungpasir Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembalajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga keterampilan berbicara siswa masih sangat rendah, dan belum sesuai harapan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Think Pair Share (TPS) Berbantu Media Flashcard berpengaruh pada keterampilan berbicara siswa kelas 3 pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menceritakan peristiwa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang
dilaksanakan di MIN Jungpasir Demak. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di MIN Jungpasir Demak, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B sebgai kelas kontrol.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen metode Think Pair Share (TPS) berbantu flashcard adalah 74.286 sedangkan nilai rata-rata posttes kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional adalah 59.464.
Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh 6.142
dan 1.674. Uji t akhir menunjukan bahwa pada penelitian ini
, maka penerapan metode Think Pair Share (TPS) berbantu
flashcard berpengaruh pada keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3, materi menceritakan peristiwa di MINJungpasir Demak tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Think Pair Share (TPS); Media pembelajaran; Flashcard; Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 08:44 |
Last Modified: | 29 May 2021 07:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8272 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year