Korelasi Pemahaman Etika Islam dalam Berdagang dengan Perilaku Dagang(Studi Kasus terhadap Pedagang Pasar Sayung Kabupaten Demak)

Afifurochim, Muhammad (2013) Korelasi Pemahaman Etika Islam dalam Berdagang dengan Perilaku Dagang(Studi Kasus terhadap Pedagang Pasar Sayung Kabupaten Demak). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411037_coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411037_bab1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411037_bab2.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411037_bab3.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411037_bab4.pdf - Accepted Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411037_bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411037_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Agama merupakan suatu yang sangat penting untuk mendapat perhatian secara mendalam. Karena agama dapat mempengaruhi proses kehidupan manusia, terutama dalam hal kemanusiaan, etika, estetika dan norma. Demikian pula tuntunan Islam dalam bermu'amalah. Nabi menganjurkan cara bermu'amalah yang di dalamnya mencakup tentang perdagangan dengan cara yang bersih dari tipu daya dan mengajarkan kepada kita untuk berbuat jujur serta menjunjung tinggi nilai keadilan. Permasalahannya, apakah agama sebagai tuntunan tersebut telah dipraktekkan oleh para penganutnya dalam kehidupan yang profan ini. Oleh karena itu perlu dipertanyakan: Apakah ada hubungan antara pemahaman etika Islam dengan perilaku berdagang? Sehubungan dengan pertanyaan di atas, penelitian ini ingin menjawab permasalahan di atas, yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan pemahaman etika Islam dengan perilaku berdagang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis kuantitatif, metode ini sebagai metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut metode discovery, karena dengan metode ini dapat ditemukan dan dikembangkan berbagai iptek baru. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Tehnik pengumpulan datanya diperoleh dengan menggunakan angket atau kuesioner yang di dapat dari 10 % dari 850 pedagang Pasar Sayung Kabupaten Demak sama dengan 100 pedagang atau responden. Hasil penelitian ini yaitu : ada hubungan pemahaman etika Islam dengan perilaku berdagang pedagang Pasar Sayung Demak. Hal tersebut di tunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,403 yang membuktikan diterimanya hipotesis yang diajukan. Nilai korelasi tersebut termasuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dinyatakan jika pedagang Pasar Sayung Demak masih menjunjung nilai-nilai Islam dalam berbisnis (muamalah), terutama dalam pengamalan etika Islam dengan perilaku pedagang. Hubungan yang sinergis atas kedua faktor tercipta atas pemahaman etika Islam dikalangan masyarakat yang berdagang di Pasar Sayung Demak telah mengakar dalam setiap individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika Islam; Etika Bisnis Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 11 Dec 2013 06:41
Last Modified: 11 Dec 2013 06:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item