Pengembangan modul matematika kurikulum 2013 bermuatan kebudayaan lokal untuk kelas VIII SMP/MTs semester II pada materi persamaan linear dua variabel

Afifah, Nurul (2017) Pengembangan modul matematika kurikulum 2013 bermuatan kebudayaan lokal untuk kelas VIII SMP/MTs semester II pada materi persamaan linear dua variabel. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (61MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul matematika yang mendukung pembelajaran kurikulum 2013 dengan materi persamaan linear dua variabel yang disajikan menggunakan unsur-unsur budaya lokal Kabupaten Pati. Hal ini dilatarbelakangi oleh minimnya pembelajaran matematika di MTsN 01 Pati yang diintegrasikan dengan budaya serta belum terfasilitasinya kecenderungan siswa belajar secara mandiri, sementara observasi terhadap perangkat dan sumber belajar yang digunakan ternyata belum mendukung hal tersebut. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pembelajaran yang layak berupa modul matematika bermuatan budaya lokal sehingga bermanfaat dalam memfasilitasi siswa belajar secara mandiri serta menambah pengetahuan budaya siswa sekaligus sebagai alternatif sumber belajar serta menambah wacana pengembangan sumber belajar yang mengintegrasikan matematika dengan budaya. Kegiatan pengembangan modul dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4-D milik Thiagarajan namun dimodifikasi menjadi 3-D. Adapun langkah pengembangannya yaitu define(pendefinisian) masalah dan kebutuhan, design(perancangan) prototipe awal produk,develop(pengembangan) dan revisi produk, dan terakhirproduk diberikan kepada sasaran yang lebih luas. Data yang mendukung penelitian ini diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes serta dokumentasi.Hasil penelitian ini, pertama modul yang dikembangkan memuat komponen-komponen yaitu Petunjuk Isi Modul, Tujuan Pembalajaran, Apersepsi, Lembar Kegiatan Menemukan Konsep,, Contoh Masalah dan Strategi Penyelesaiannya, Latihan Soal, Evaluasi dan Kunci Jawaban, Kamus Budaya serta Daftar Pustaka. Kedua, modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran menurut penilaian ahli materi dan tampilan dengan perolehan skor ≥2,5 dengan kategori “layak tanpa revisi”, serta layak menurut tanggapan guru dan siswa dengan skor antara 81%-100% dengan kategori “Sangat Baik”.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSiswanah, EmyUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiyaningsih, Sri IsnaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Kurikulum 2013; Budaya lokal; Persamaan linear dua variabel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:02
Last Modified: 05 Dec 2018 08:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8646

Actions (login required)

View Item View Item