Pengembangan modul matematika kurikulum 2013 bermuatan kebudayaan lokal untuk kelas VIII SMP/MTs semester II pada materi persamaan linear dua variabel
Afifah, Nurul (2017) Pengembangan modul matematika kurikulum 2013 bermuatan kebudayaan lokal untuk kelas VIII SMP/MTs semester II pada materi persamaan linear dua variabel. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (61MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul matematika yang mendukung pembelajaran kurikulum 2013 dengan materi persamaan linear dua variabel yang disajikan menggunakan unsur-unsur budaya lokal Kabupaten Pati. Hal ini dilatarbelakangi oleh minimnya pembelajaran matematika di MTsN 01 Pati yang diintegrasikan dengan budaya serta belum terfasilitasinya kecenderungan siswa belajar secara mandiri, sementara observasi terhadap perangkat dan sumber belajar yang digunakan ternyata belum mendukung hal tersebut. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pembelajaran yang layak berupa modul matematika bermuatan budaya lokal sehingga bermanfaat dalam memfasilitasi siswa belajar secara mandiri serta menambah pengetahuan budaya siswa sekaligus sebagai alternatif sumber belajar serta menambah wacana pengembangan sumber belajar yang mengintegrasikan matematika dengan budaya. Kegiatan pengembangan modul dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model 4-D milik Thiagarajan namun dimodifikasi menjadi 3-D. Adapun langkah pengembangannya yaitu define(pendefinisian) masalah dan kebutuhan, design(perancangan) prototipe awal produk,develop(pengembangan) dan revisi produk, dan terakhirproduk diberikan kepada sasaran yang lebih luas. Data yang mendukung penelitian ini diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes serta dokumentasi.Hasil penelitian ini, pertama modul yang dikembangkan memuat komponen-komponen yaitu Petunjuk Isi Modul, Tujuan Pembalajaran, Apersepsi, Lembar Kegiatan Menemukan Konsep,, Contoh Masalah dan Strategi Penyelesaiannya, Latihan Soal, Evaluasi dan Kunci Jawaban, Kamus Budaya serta Daftar Pustaka. Kedua, modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran menurut penilaian ahli materi dan tampilan dengan perolehan skor ≥2,5 dengan kategori “layak tanpa revisi”, serta layak menurut tanggapan guru dan siswa dengan skor antara 81%-100% dengan kategori “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Kurikulum 2013; Budaya lokal; Persamaan linear dua variabel |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fuad Hasyim |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 08:02 |
Last Modified: | 05 Dec 2018 08:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8646 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year