Efektivitas Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas IV di MI Miftahul Falah Demak Tahun Pelajaran 2012/2013

Syifa, Nur Kamilia (2013) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas IV di MI Miftahul Falah Demak Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083911047_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083911047_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (721kB) | Preview
[thumbnail of 083911047_Bab1.pdf]
Preview
Text
083911047_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 083911047_Bab2.pdf]
Preview
Text
083911047_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 083911047_Bab3.pdf]
Preview
Text
083911047_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 083911047_Bab4.pdf]
Preview
Text
083911047_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 083911047_Bab5.pdf]
Preview
Text
083911047_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 083911047_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083911047_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative learning tipe TAI dengan menggunakan alat peraga efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sedehana di MI Miftahul Falah Demak. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV MI Miftahul Falah Desa Betahwalang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. kelas IV A sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran cooperative learning tipe TAI dengan menggunakan alat peraga) dan kelas IV B sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol).
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba instrumen. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan dan tes tersebut juga diberikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada kelas uji coba instrumen.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji humogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. diperoleh thitung = 5.572 dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,67 dengan dan dk = 32 + 34 - 2 = 64. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, jadi Ha : μ1 > μ2 diterima. Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI dengan menggunakan alat peraga pada materi bangun ruang sederhana berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 78.438 dan rata-rata kelas kontrol = 63,97. Hal tersebut nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran cooperative learning tipe TAI dengan menggunakan alat peraga pada materi bangun ruang sederhana balok dan kubus lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe TAI dengan menggunakan alat peraga efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bangun ruang sederhana balok dan kubus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Cooperatif Learning; Team Accelerated Instruction; Alat Peraga; Bangun Ruang Sederhana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:48
Last Modified: 16 Dec 2013 04:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/920

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics