Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Model Numbered Heads Together pada Materi Benda dan Sifatnya Semester I Kelas IV di MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Tahun Ajaran 2012/2013

Ariyanti, Ihti (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Model Numbered Heads Together pada Materi Benda dan Sifatnya Semester I Kelas IV di MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911028_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911028_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911028_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911028_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911028_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911028_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911028_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya di kelas IV MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Kab Kendal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI NU Magelung. Pra siklus proses pembelajaran IPA di kelas IV peserta didik masih kurang paham dengan apa yang diajarkan oleh guru dan peserta didik merasa bosan dengan suasana yang kurang menarik, seperti dalam proses belajar mengajar peserta didik mengobrol sendiri, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together yaitu kelas IV MI NU Magelung yang jumlah peserta didik ada 25. Pengumpulan data ini dengan menggunakan tes. Dan teknik analisis datanya menggunakan tes. Dengan KKM yang sudah ditentukan yaitu 65 Pada saat dilaksanakan model pembelajaran Numbered Heads Together, suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dengan suasana yang baru, disamping belajar peserta didik juga bisa bermain sehingga pada akhirnya dapat memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mengadakan tes pra siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi benda dan sifatnya. Hal ini sangat penting karena akan dijadikan dasar nilai awal. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Sedangkan tahap ketiga adalah penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 57,4 dengan ketuntasan belajar 36%. Setelah dilaksanakan menerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 60,6 dengan ketuntasan belajar sebanyak 48%. Pada siklus II diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 81,2 dengan ketuntasan belajar s 96%. Dari data tersebut jelas, bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaranNumbered Heads Togetether Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Peserta Didik; IPA; Model Numbered Heads Together; Materi Benda dan Sifatnya
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 16 Dec 2013 04:14
Last Modified: 16 Dec 2013 04:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item