Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya kognitif
Filasufah, Nurul (2019) Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini mempermudah peserta didik untuk berkomunikasi satu sama lain dan memahami apa yang sedang dikomunikasikan. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik berbeda-beda, salah satunya karena gaya kognitifnya berbeda-beda juga. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang menggunakan teknik purposive sampling. Subjek wawancara berjumlah 6 responden dari kelompok kuat, sedang, dan lemah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes GEFT, tes kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara.
Hasil tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis menurut Ramdan. Diperoleh hasil bahwa: peserta didik field independent kuat mampu menguasai indikator 3, 4, dan 5 namun kurang mampu menguasai indikator 1 dan 2. Peserta didik field independent sedang mampu menguasai indikator 1, 3, 4, dan 5 namun kurang mampu menguasai indikator 2. Peserta didik field independent lemah mampu meguasai indikator 2, 4 dan 5 namun kurang mampu menguasai indikator 1 dan 3. Peserta didik field dependent kuat mampu menguasai indikator 1, 4 dan 5 namun kurang mampu menguasai indikator 2 dan 3. Peserta didik field dependent sedang mampu menguasai indikator 2, 4 dan 5 namun kurang mampu menguasai indikator 1 dan 3. Peserta didik field dependent lemah mampu menguasai indikator 1, 2, 4 dan 5 namun kurang mampu menguasai indikator 3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi matematis; gaya kognitif; field independent; field dependent |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Maulana Handy |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 08:36 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 08:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10398 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year