Pengaruh penggunaan model assure berbantu alat peraga Dekak terhadap pemahaman konsep siswa pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Suhfah, Mahtumatun (2019) Pengaruh penggunaan model assure berbantu alat peraga Dekak terhadap pemahaman konsep siswa pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096087_Skripsi]
Preview
Text (1403096087_Skripsi)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh penggunaan model ASSURE berbantu alat peraga dekak terhadap pemahaman konsep siswa pada materi KPK dan FPB di kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran mata pelajaran matematika yang masih berpusat pada guru dan pendekatan yang dipakai masih tekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh penggunaan model ASSURE berbantu alat peraga dekak terhadap pemahaman konsep siswa pada materi KPK dan FPB siswa kelas IV MI Nashrul Fajar Semarang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 104 populasi, kemudian diambil sampel sebanyak 50 sampel yang di bagi 2 kelas, kelas IVA 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional dan IVB 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model ASSURE berbantu alat peraga dekak.
Hasil perhitungan uji-t persamaan rata-rata dua kelas di peroleh thitung = 0,02 sedangkan ttabel = 2,01. Karena thitung < ttabel, Sedangkan Berdasarkan perhitunan hasil penelitian diperoleh thitung= 5,968 dan ttabel= 1,677. Untuk ttabel= 1,677 kriteria pengujian Ho ditolak jika thitung > ttabel. Karena pada penelitian ini thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya pemahaman konsep siswa pada kelompok eksperimen lebih baik terhadap pemahaman konsep kelompok kontrol. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Assure model; Pemahaman konsep; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:33
Last Modified: 29 May 2021 03:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10508

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics