Pengaruh penggunaan metode akrostik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV MI Negeri 2 Batang tahun ajaran 2018/2019

Mahartani, Nafa Disa (2019) Pengaruh penggunaan metode akrostik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas IV MI Negeri 2 Batang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096099_Skripsi]
Preview
Text (1403096099_Skripsi)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis puisi yang disebabkan oleh kurangnya kreativitas penggunaan metode pembelajaran oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Akrostik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV MI Negeri 2 Batang .Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Negeri 2 Batang yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah total siswa 73 0rang, Kelas IV A berjumlah 24 orang, kelas IV B berjumlah 25 orang dan kelas IV C berjumlah 24 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini ditentukan melalui uji Barlett dengan hasil kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol . Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Berdasarkan hasil posttest yang telah dilakukan, nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62,8 dengan standar deviasi (s) 8,17. Sementara nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73,33 dengan standar deviasi (s) 10,7. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung = 3,87 dan t_tabel= t_((0,05)(64)) = 1,67. Karena t_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya ada perbedaan keterampilan peserta didik yang menggunakan metode Akrostik dengan peserta didik yang menggunakan metode mengarang bebas. Berdasarkan pernyataan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode Akrostik berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV MI Negeri 2 Batang Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan masukan bagi para pendidik (guru).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode akrostik; Keterampilan menulis; Puisi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:49
Last Modified: 29 May 2021 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics