Efektivitas penerapan metode bernyanyi berbasis media gambar terhadap penguasaan mufrodat bahasa arab pada kelas III materi أعضاءالأسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang tahun ajaran 2018/2019

Fithroh, Idatul (2019) Efektivitas penerapan metode bernyanyi berbasis media gambar terhadap penguasaan mufrodat bahasa arab pada kelas III materi أعضاءالأسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096003_IDATUL FITHROH]
Preview
Text (Skripsi_1503096003_IDATUL FITHROH)
Idatul Fithroh___1503096003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan metode Bernyanyi berbasis media gambar terhadap penguasaan mufrodat bahasa Arab pada kelas III materi أعضاءالأسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang diterapkan di kelas kurang bervariasi, sehingga siswa menjadi jenuh, penguasaan mufrodat kurang optimal, dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan metode Bernyanyi berbasis media gambar terhadap penguasaan mufrodat bahasa Arab pada kelas III materi أعضاءالأسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah posttest only. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji t. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yang menerapkan metode Bernyanyi berbasis media gambar adalah 80,4 dan kelompok kontrol yang tidak menerapkan metode Bernyanyi berbasis media gambar adalah 67,93 berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 4,066 dan ttabel = 1,675, uji t akhir menunjukkan bahwa pada penelitian ini thitung > ttabel, maka, penerapan metode Bernyanyi berbasis media gambar efektif terhadap penguasaan mufrodat bahasa Arab pada kelas III materi أعضاءالأسرة di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambak Aji Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Bernyanyi; Media pembelajaran; Gambar; Penguasaan mufrodat; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 27 Jan 2020 01:56
Last Modified: 29 May 2021 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10514

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics