Pengaruh penggunaan model time token terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik materi kegiatan jual beli mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI NU 33 Johorejo Kendal tahun pelajaran 2018/2019
Mubarokah, Siti (2019) Pengaruh penggunaan model time token terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik materi kegiatan jual beli mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III di MI NU 33 Johorejo Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1403096091_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan model Time Token terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik materi kegiatan jual beli mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode yang diterapkan kurang bervariasi, sehingga peserta didik merasa jenuh, hasilnya peserta didik kurang optimal dalam menerima dan menanggapi pelajaran yang di sampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya model pembelajaran Time Token terhadap kemampuan berkomunikasi peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, dan penilaian rubrik komunikasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal dengan jumlah peserta didik 37, yaitu terdiri dari kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 peserta didik dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 17 peserta didik.
Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata kelompok yang menggunakan model Time Token adalah 75,25 sedangkan rata-rata hasil menggunakan metode ceramah adalah 44,25. Berdasarkan hasil uji t test diperoleh bahwa thitung = 8,41 dan ttabel = 1,75 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata – rata hasil kelas eksperimen dan rata – rata hasil kelas kontrol. Hal ini menandakan bahwa kemampuan berkomunikasi menggunakan model Time Token lebih berpengaruh pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Maka penggunaan model Time Token ini efektif digunakan untuk pembelajaran IPS di MI NU 33 Johorejo Kendal tahun pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Time token; Keterampilan berkomunikasi; Ilmu pengetahuan sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Maulana Handy |
Date Deposited: | 22 Feb 2020 03:50 |
Last Modified: | 29 May 2021 03:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10618 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year