Afif, Zakiyatus Syarifatul (2008) English language teaching-learning at Citischool Bilingual Kindergarten Semarang in academic year 2008/2009 : Pembelajaran Bahasa Inggris di TK Bilingual Citischool Semarang pada Tahun Ajaran 2008/2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO.

[thumbnail of NIM_3104302_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104302_Skripsi_Lengkap)
3104302_fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Bahasa Inggris di TK Bilingual Citischool Semarang pada fokus materi dan metode pembelajaran serta penilaian hasil belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran bahasa Inggris di TK Bilingual Citischool Semarang pada focus materi dan metode pembelajaran serta penilaian hasil belajar. Penilaian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data-datanya bersifat diskriptif baik dalam bentuk tertulis maupun lisan. Penelitian ini dilaksanakan di TK bilingual Citischool Semarang pada tahun ajaran 2008/2009. Data dikumpulkan dengan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi
Data yang terkumpul dikategorikan menjadi: (1) materi pengajaran, terdiri dari materi, buku teks, media pembelajaran (2) metode pengajaran, dengan fokus metode pembelajaran dan bahasa pengantar yang digunakan, dan (3) penilaian hasil belajar, meliputi teknik penilaian dan respon balik dari guru. Kemudian diskripsi tersebut dianalisa dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi dan metode pembelajaran serta penilaian hasil belajardi TK bilingual Citischool Semarang sesuai denggan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak yang ada. Materi pembelajaran yang sudah disusun dalam syllabus meliputi vocab-vocab yang berhubungan dengan lingkungan anak, seperti benda-benda di sekitan dan pekerjaan sehari-hari. Buku teks digunakan sebagai materi pelengkap seperti gambar, kartu, dan realia. Metode yang digunakan adalah campuran; gabungan dari metode Communicative Language Teaching, Audio lingual, Total Physical Respond, and silent way. Untuk menjadikan pembelajaran berhasil, guru membuat penilaian baik formal maupun non-formal dengan respon baik yang sesuai untuk anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran BahasaInggris ; Tk Bilingual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
400 Language > 420 English and Old English > 425 English grammar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88203 - Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:22
Last Modified: 01 Oct 2020 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics