Pengaruh kemampuan kognitif PAI siswa terhadap pengamalan shalat siswa kelas V SDN Batursari 1 Mranggen Demak

Mas'udi, Ahmad (2007) Pengaruh kemampuan kognitif PAI siswa terhadap pengamalan shalat siswa kelas V SDN Batursari 1 Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_3100115_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3100115_Skripsi_Lengkap)
3100115fullpdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan kognitif Pendidikan
Agama Islam Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak. 2) Untuk
mengetahui bagaimana engamalan shalat Siswa Kelas V SDN Batursari I
Mranggen Demak. 3) Untuk mengetahui apa pengaruh antara kemampuan
kognitif Pendidikan Agama Islam siswa terhadap pengamalan shalat pada Siswa
Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tehnik analisis regresi.
Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode angket dan
metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan kognitif Pendidikan Agama
Islam Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak dapat dikatakan cukup
Hal ini berdasarkan pada nilai hasil tes yang rata-rata bernilai 7 termasuk kategori
cukup. Sedang untuk Pengamalan Shalat Siswa Kelas V SDN Batursari I
Mranggen Demak dapat dikatakan baik hal ini berdasarkan nilai rata hasil angket
sebesar 45,42 dan masuk dalam interval 45 – 50 yang termasuk kategori baik.
Jadi akhir dari penelitian ini menyatakan ada pengaruh Kemampuan kognitif
Pendidikan Agama Islam Siswa berpengaruh Terhadap Pengamalan Shalat Siswa
Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak. Hal ini terbukti dari besarnya Freg=
1357.719 dan Ft 1% = 7.31 dan 5% = 4.08 . sehingga Freg lebih besar dari Ft 1%
dan Ft 5%. Ini berarti bahwa pengetahuan kognitif pendidikan agama Islam benarbenar
memberikan pengaruh yang meyakinkan terhadap pengamalan shalat siswa
SDN Batursari 1 Mranggen Demak . Dan ini berarti hipotesis yang telah diajukan
dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif; Siswa; Pendidikan agama Islam; Pengamalan sholat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 07 Dec 2020 05:26
Last Modified: 28 Jul 2021 05:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11826

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics