Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Makanan Sehat Melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Team Quiz (Studi Tindakan Kelas di Kelas I MI Ad-Dainuriyah Sendangguwo Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2010-2011)

Jikronah, Jikronah (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Makanan Sehat Melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Team Quiz (Studi Tindakan Kelas di Kelas I MI Ad-Dainuriyah Sendangguwo Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2010-2011). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911249_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911249_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 093911249_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911249_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 093911249_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911249_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 093911249_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911249_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 093911249_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911249_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 093911249_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911249_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 093911249_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911249_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (81kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Makanan Sehat Melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Team Quiz (Studi Tindakan Kelas Di Kelas I MI Ad-Dainuriyah Sendangguwo Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2010-2011). Model pembelajaran kooperatif tipe team quiz merupakan salah satu alternatif yang dapat dikembangkan dengan strategi team quiz ini diharapkan dapat meningkatkan tanggung jawab peserta didik dalam usaha yang menyenangkan. Tujuan penerapan Model pembelajaran ini adalah meningkatkan kemampuan tanggung jawab peserta didik tentang apa yang mereka pelajari melalui cara yang menyenangkan dan tidak menakutkan.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimana penerapan metode Cooperative Learning tipe Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi pokok makanan sehat dan Apakah penerapan metode Cooperative Learning tipe Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok Makanan Sehat pada Kelas di Kelas I MI Ad-Dainuriyah Sendangguwo Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2010-2011? Subjek penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi pokok Makanan Sehat pada Kelas di Kelas I MI Ad-Dainuriyah Sendangguwo, dengan target pada siklus I dan siklus II adalah 70. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam pra siklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi, tes, dan dokumentasi pada siswa Kelas I MI Ad-Dainuriyah Sendangguwo Tembalang Semarang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh data siklus I nilai rata-rata 70,13 dengan tuntas klasikal 66,67%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 74,87 dengan tuntas klasikal 86,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi pokok makanan sehat. dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I MI Ad Dainuriyah Sendangguwo..
Peneliti menyarankan kepada Kepala sekolah hendaknya selalu menganjurkan kepada semua guru untuk mengajar dengan metode yang membuat siswa aktif, merasa senang, dan nyaman sehingga kejenuhan akan terhindar. Guru diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, sehingga keaktifan siswa siswa dapat lebih ditingkatkan. Siswa dibiasakan untuk mengemukakan pendapat dan belajar kelompok dalam menyelesaikan masalah atau tugas tertentu bagi keberhasilan belajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Team Quiz; Strategi Pembelajaran; IPA; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 03:46
Last Modified: 24 Dec 2013 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics