Upaya Meningkatkan Hasil Belajar AlQuran Hadits pada Materi Hadits Persaudaraan Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Semester Genap Kelas III di MI Futuhiyyah Pedurungan Semarang Tahun 2010/2011
Kholifah, Siti (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar AlQuran Hadits pada Materi Hadits Persaudaraan Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Semester Genap Kelas III di MI Futuhiyyah Pedurungan Semarang Tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911257_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (337kB) | Preview
093911257_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
093911257_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (66kB) | Preview
093911257_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (85kB) | Preview
093911257_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (168kB) | Preview
093911257_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
093911257_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (24kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah penerapan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III MI Futuhiyyah Pedurungan Semarang pada materi pokok Hadits persaudaraan. (2) Apakah penerapan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III MI Futuhiyyah Pedurungan Semarang pada materi pokok Hadits persaudaraan.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas III MI Futuhiyyah Pedurungan Semarang. Obyek penelitian ini adalah kelas III di MI Futuhiyyah Semarang dengan populasi 149 peserta didik, yang terdiri dari kelas 1 yang berjumlah 20 peserta didik, kelas II yang berjumlah 28 peserta didik, kelas III yang berjumlah 36 peserta didik, kelas IV yang berjumlah 18 peserta didik, kelas V yang berjumlah 25 dan kelas VI adalah berjumlah 22 peserta didik. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas III yang berjumlah 36 peserta didik .
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran aktif dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pembagian kelompok dan untuk membaca dan menulis serta hafalan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, hasil belajar peserta didik mempunyai prosentase 58,2% dan rata-rata tes akhir 47,37. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 61,1% dan rata-rata tes akhir 68,9. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 80,5% dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 77,5. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap prasiklus, siklus I dan siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AlQuran Hadits; Metode Pembelajaran; Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 08:53 |
Last Modified: | 24 Dec 2013 08:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1214 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year