Manajemen kurikulum Bahasa Jawa dalam membentuk karakter peserta didik kelas V SD Islam Al-Azhar 29 Semarang

Hasanah, Uswatun (2019) Manajemen kurikulum Bahasa Jawa dalam membentuk karakter peserta didik kelas V SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503036062_Uswatun_Hasanah]
Preview
Text (Skripsi_1503036062_Uswatun_Hasanah)
SKRIPSI_1503036062_Uswatun Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagian peserta didik mempunyai karakter yang kurang baik. Dikarenakan pengaruh dari teman-teman, lingkungan, media sosial, internet dan lain-lain, tetapi masih ada batas ajaran. Permasalahannya bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum Bahasa Jawa dalam membentuk karakter peserta didik kelas V di SD Islam Al-Azhar 29 Semarang.
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif lapangan, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknis analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dilakukan dalam rencana silabus
dan RPP sesuai kondisi masyarakat. (2) Menyelenggarakan kegiatan nguri-nguri bahasa jawa setiap hari jum’at, memberikan materi ajar bahasa jawa sesuai dengan RPP. (3) Evaluasi dilakukan pengamatan perilaku peserta didik selama berada di lingkungan sekolah.
Simpulan penelitian ini adalah pada tahap perencanaan guru harus matang dalam menyusun RPP, kemudian pelaksanaannya harus menekankan pada praktek daripada teori. Evaluasinya menekankan pada aspek perilaku peserta didik, karena pembelajaran Bahasa Jawa tidak hanya teori akan tetapi pembiasaan-pembiasaan yang menghasilkan perubahan peserta didik berbudaya jawa.
Saran dalam penelitian ini, Kepala Sekolah dan Waka
Kurikulum lebih meningkatkan kedisiplinan terhadap guru untuk memaksimalkan dalam kegiatan belajar mengajar hingga tujuan pendidikan tercapai secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kurikulum; Bahasa Jawa; Pendidikan Karakter; Peserta Didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Elinda Izzatun Nada
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:23
Last Modified: 25 Mar 2021 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics