Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial berdasarkan disposisi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung Tahun Ajaran 2018/2019
Umaniza, Mahisya (2019) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan aritmatika sosial berdasarkan disposisi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Skripsi_1503056062_Mahisya Umaniza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (10MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan individu untuk menyelesaikan atau menemukan jawaban dari suatu permasalahan matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah disposisi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan disposisi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di SMPN 1 Tanjung. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 30 siswa. Dari kelas tersebut kemudian dipilih dua siswa dari masing-masing kelompok disposisi matematis untuk dijadikan subjek wawancara. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan disposisi matematis siswa. Hasil tes dan hasil wawancara kemampuan pemecahan masalah matematis kemudian dianalisis berdasarkan disposisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disposisi matematis siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat disposisi matematis tinggi mampu memenuhi indikator 1, 2, 3 dan 4 pemecahan masalah menurut Polya. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat disposisi matematis sedang mampu memenuhi indikator 1, 2 dan 3. Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan tingkat disposisi matematis rendah hanya mampu memenuhi indikator 1 kemampuan pemecahan masalah menurut Polya dan tidak mampu memenuhi indikator 2, 3, dan 4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Disposisi Matematis; Matematika |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hilda Khafizhatul Khusna |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 12:27 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 12:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12446 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year