Pengembangan bahan ajar E-LKS dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep materi peluang kelas VII SMP Nurul Islami tahun ajaran 2018/2019
Hartati, Hartati (2019) Pengembangan bahan ajar E-LKS dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep materi peluang kelas VII SMP Nurul Islami tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Skripsi_1503056068_Hartati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar e-LKS dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep materi peluang kelas VIII SMP Nurul Islami tahun pelajaran 2018/2019; 2) mengetahui kelayakan bahan ajar e-LKS dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep materi peluang kelas VIII SMP Nurul Islami tahun pelajaran 2018/2019.
Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan desain pengembangan Sugiyono yaitu potensi/masalah, pengumpulan data, desain produk, uji ahli, revisi produk, uji terbatas, revisi produk, uji luas, evaluasi dan penyempurnaan, produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kauntitatif.
Hasil dari penelitian pengembangan yakni 1) telah dikembangkan dan dihasilkan bahan ajar e-LKS dengan pendekatan discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep materi peluang kelas VIII SMP Nurul Islami tahun pelajaran 2018/2019, dengan spesifikasi: diinstal dalam Android, bahan ajar berisi teks dan gambar, bahan ajar bereksistensi .apk; 2) penilaian kelayakan bahan ajar ini berdasarkan hasil validitas, kepaktisan, dan efektifitas bahan ajar yang telah dikembangkan, dengan rincian (a) hasil uji validitas oleh ahli bahan ajar dan ahli materi beradapada kategori sangat baik dengan nilai validasi masing-masing sebesar 3,42 dan 3,50. (b) hasil uji kepraktisan atau respon guru dan siswa terhadap bahan ajar berada pada kategori sangat baik dengan nilai masing-masing sebesar 3,40 dan 3,45. (c) hasil uji keefektifitasan diperoleh nilai rata-rata tingkat pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 65 dan 40. Berdasarkan perhitungan uji-t dengan dk = 11+12-2 = 21. Dengan taraf signifikan α = 5% maka diperoleh ttabel = 2,08, dan thitung = 4,43. Hal tersebut menunukkan bahwa thitung = 4,43 > ttabel = 2,08, sehingga bahan ajar e-LKS dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Matematika; e-LKS; Discovey Learning; Pemahaman Konsep; Peluang; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hilda Khafizhatul Khusna |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 12:31 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 12:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12448 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year