Penerapan ISO 9001 : 2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima Semarang

Nuraeni, Fitriyani (2019) Penerapan ISO 9001 : 2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036087_Fitriya Nuraeni]
Preview
Text (SKRIPSI_1503036087_Fitriya Nuraeni)
SKRIPSI_1503036087_Fitriya Nuraeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam era modern ini, segala bentuk layanan kegiatan yang berhubungan untuk menjamin kepuasan pelanggan adalah suatu keharusan bagi sebuah lembaga pendidikan baik pemerintahan maupun swasta. Begitu juga pada layanan akademik di sekolah, dimana pelaksanaannya harus melakukan penjaminan terhadap proses kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk peningkatan kepuasan pelanggan. Permasalahan yang ingin diteliti (1) Bagaimana Penerapan ISO 9001:2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima Semarang. (2) Bagaimana implikasi ISO 9001:2015 terhadap peningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima Semarang.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau deskriptif yang kemudian dianalisis berdasarkan teori.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meode yang digunakan dalam penerapan ISO 9001:15 ialah menggunnakan sistem PDCA. Untuk mendukung penerapan ISO 9001:2015 untuk meningkatkan mutu layanan akademik di SD Nasima memerlukan komitmen yang sangat tinggi dari semua warga sekolah, sumber daya manusia yang berkualitas unggul,kelengkapan sarana prasarana yang memadai serta lingkungan yang memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga pelaksanaan ISO dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Standar Internasional; ISO 9001; Mutu Layanan Akademik; Manajemen Pendidikan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 01 Apr 2021 11:25
Last Modified: 01 Apr 2021 11:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics