Peran interaksi teman sebaya dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang tahun 2019

Aminati, Diah Fitria (2019) Peran interaksi teman sebaya dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106001_Diah Fitria Aminati]
Preview
Text (skripsi_1503106001_Diah Fitria Aminati)
skripsi_1503106001_Diah Fitria Aminati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana interaksi teman sebaya anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019? (2) Bagaimana peran interaksi teman sebaya dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana interaksi teman sebaya di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019 (2) Untuk mengetahui, mengkaji dan meneliti bagaimana peran interaksi teman sebaya dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Hati Semarang Tahun 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi/pengamatan jenis rating scale, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasilnya menunjukan bahwa peran interaksi teman sebaya mengembangkan perilaku prososial yang meliputi: 1) Berbagi, 2) Monolong, 3) Kerjasama, 4) Jujur, 5) Dermawan, 6) Empati dan Simpati, melalui peran motivasi dan imitasi. Peran motivasi dari guru atau orang tua sebagai pendorong cara berpikir anak untuk mengembangkan perilaku prososial Jujur, Dermawan, Simpati dan Empati. Sedangkan peran imitasi atau peniruan untuk mengembangkan perilaku prososial Berbagi, Menolong dan Kerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Interaksi; Teman Sebaya; Perilaku Prososial; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:26
Last Modified: 22 May 2021 06:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics