Penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda tahun pembelajaran 2019/2020

Wulandari, Cici (2019) Penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda tahun pembelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096096_Cici Wulandari]
Preview
Text (Skripsi_1503096096_Cici Wulandari)
Skripsi_1503096096_Cici Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pendidikan Indonesia yang harus melahirkan manusia yang cerdas bukan karena intelektualnya saja tetapi juga mempunyai kecerdasan moral. Tujuan tersebut akan tercapai jika anak berkembang dan diberikan pendidikan secara baik di lingkungannya dan terjadi harmonisasi antara ketiga lingkungan pendidikan yang menurut bapak pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara penting dan faktor yang sangat berpengaruh bagi anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini berusaha memberikan deskripsi tentang penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Peneliti menggambarkan peristiwa serta kejadian yang ditemukan di lapangan dengan tulisan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik triangulasi data untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan analisis lingkungan pendidikan perspektif Ki Hajar Dewantara di SD IT Harapan Bunda telah dilaksanakan sesuai perannya oleh ketiga lingkungan pendidikan anak (lingkungan keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lingkungan pendidikan; Pendidikan Prespektif; Ki Hajar Dewantara; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:15
Last Modified: 29 May 2021 04:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics