Penggunaan metode pembelajaran bernyanyi untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak usia 3 tahun di Play Group Islam ABA dan TPA Ma'arif Sumpiuh, Banyumas tahun 2019
Suhud, Assifa’ani Khalika (2019) Penggunaan metode pembelajaran bernyanyi untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10 pada anak usia 3 tahun di Play Group Islam ABA dan TPA Ma'arif Sumpiuh, Banyumas tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1503106006_Assifa'ani Khalika Suhud.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunakan metode pembelajaran melalui bernyanyi di Play Group Islam ABA dan TPA Ma’arif, Sumpiuh, Banyumas tahun 2019? (2)Bagaimana kemampuan berhitung anak dengan menggunakan metode bernyanyi di Play Group Islam ABA dan TPA Ma’arif, Sumpiuh, Banyumas tahun 2019?
Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode bernyanyi di Play Group ABA dan TPA Ma’arif, Sumpiuh, Banyumas tahun 2019 dan ntuk mengetahui kemampuan berhitung pada anak dengan menggunakan metode bernyanyi di Play Group ABA dan TPA Ma’arif, Sumpiuh 2019.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas, dan siswa usia 3 tahun di Play Group Islam ABA & TPA Ma’arif Sumpiuh. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran bernyanyi yang di gunakan untuk mengembangkan kemampuan berhitung 1-10. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman studi dokumentasi,
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Kemampuan berhitung 1-10 anak usia 3 tahun di Play Group Islam ABA & TPA Ma’arif Sumpiuh terbilang sangat baik. Hal tersebut didasari oleh STPPA perkembangan kognitif berfikir logis anak usia 2-4 tahun yang menjelaskan bahwa pada usia 3 tahun anak baru memasuki taham pemahaman konsep angka dan memaknainya, sedangkan dalam penelitian ini anak sudah mampu berhitung 1-10. Penggunaan metode pembelajaran bernyanyi sebagai pembiasaan berhitung anak memberikan dampak positif. Kegiatan benyanyi sambil berhitung 1-10 efektif di gunakan pada anak usia 3 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Bernyanyi; Kemampuan Berhitung; Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Zulfiana Nur Adila |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 04:17 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12504 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year