Meningkatkan kreativitas anak melalui pembelajaran sentra seni di RA Hj. Sri Musiyarti Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019
Isnaeni, Rizki Faizah (2019) Meningkatkan kreativitas anak melalui pembelajaran sentra seni di RA Hj. Sri Musiyarti Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1503106042_Rizki Faizah Isnaeni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Proses
Pembelajaran Sentra Seni dalam rangka meningkatkan Kreativitas
Anak di RA Musiyarti Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 ? (2)
Bagaimanakah Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran Sentra Seni di
RA Musiarti Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 ?
Penelitian ini bertujuan untuk: Menggambarkan proses
Pembelajaran Sentra Seni dalam rangka meningkatkan Kreativitas
Anak, mendeskripsikan Kreativitas Anak Melalui Pembelajaran
Sentra Seni di RA Musiyarti Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan.
Subjek penelitian ini adalah guru sentra seni, siswa kelas B2, dan
kepala sekolah RA Hj. Sri Musiyarti kota Semarang. Objek dalam
penelitian ini adalah proses pembelajaran sentra seni untuk
meningkatkan kreativitas anak. Instrumen dalam penelitian ini adalah
penelitian dengan menggunakan alat bantu pedoman observasi,
pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) proses
pembelajaran sentra seni dalam rangka meningkatkan kreativitas anak
sudah baik dalam pelaksanaannya terdiri dariempat pijakan, yaitu
pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main,
pijakan setelah main dan evaluasi/ penilaian 2) kreativitas anak dari
sentra seni meliputi aspek perkembangan dengan indikator pencapaian
perkembangan anak usia dini yaitu mengenal berbagai karya dan
aktifitas seni, menunjukan karya dan aktifitas seni dengan berbagai
media. Saran dari penelitian yaitu sarana dan prasarana lebih
dilengkapi, selain itu pendidik seharusnya memiliki guru pendamping
untuk dapat mengendalikan anak secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas Anak; pembelajaran Sentra Seni; Pendidikan Islam Anak Usia Dini; RA Hj. Sri Musiyarti |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Marisatul Aminah |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 02:55 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12526 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year