Peran guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak di KB Annur Tugurejo Semarang tahun pelajaran 2019/2020
Zulfa, Khumaerotu (2019) Peran guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak di KB Annur Tugurejo Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1503106057_Khumareotu Zulfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Sekolah adalah institusi yang memiliki mandat untuk
menyelenggarakan prsoses pendidikan dan pembelajaran secara
sistematis dan berkesinambungan. Para pendidik dan tenaga
kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendididkan
dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi anak didik berperilaku
terpelajar. Perilaku terpelajar ditampilkan dalam bentuk pencapaian
prestasi akademik, menunjukkan perilaku yang beretika dan berkhak
mulia, memiliki motivasi belajar yang tinggi. Sekolah diharapkan
menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar.
Namun pada kenyataannya masih ada beberapa sekolah yang belum
memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa-siswinya terbukti
masih banyak kasus kekerasan yang lahir di lingkungan sekolah.
Kepala sekolah memiliki peranan dalam membuat tatanan dan
kebijakan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran guru
dalam mewujudkan sekolah ramah anak di KB Annur Tugurejo
Semarang tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data di
peroleh dari sumber primer berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi dan sumber sekunder berupa wawancara, buku, jurnal,
dan literatur lainnya sebagai pelengkap data primer. Sedangkan
metode analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian, ada tiga peran penting yang dilakukan
oleh guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak di KB Annur
Tugurejo Semarang. Peran guru tersebut meliputi: (1) peran guru
sebagai fasilitator, (2) peran guru sebagai pembimbing, dan (3) peran
guru sebagai motivator. Tiga peran tersebut sudah mewakili dari peran
guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru; Sekolah Ramah Anak; Pendidikan Islam Anak Usia Dini; KB Annur Tugurejo |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Marisatul Aminah |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 03:06 |
Last Modified: | 22 May 2021 07:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12533 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year