Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak siswa kelas IV MI Taufiqiyah Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019
Farida, Farida (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak siswa kelas IV MI Taufiqiyah Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1503096081_Farida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis
materi gaya dan gerak siswa kelas iv mi taufiqiyah kota semarang
tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian
Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunakan dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan
dengan cara undian. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas IV MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2018/2019 yang
berjumlah 96 peserta didik, dengan kelas IV A terdiri dari 32 peserta
didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C terdiri 31 peserta didik
sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas IV A (kelas
eksperimen) adalah 75,84 sementara kelas IV C (kelas kontrol)
diperoleh nilai rata-rata adalah 60,75. Dari analisis data menunjukkan
bahwa = 4,476 dan = 1,6702 dengan taraf signifikan
5% jika > maka hipotesis yang diajukan diterima,
artinya ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penerapan
model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis
materi gaya dan gerak dengan peserta didik yang pengajarannya
menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Kemampuan Berpikir Kritis; Materi Gaya dan Gerak. Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Marisatul Aminah |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 03:22 |
Last Modified: | 22 May 2021 06:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12542 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year