Efektivitas metode role playing terhadap kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah pada materi kondisi sosial budaya masyarakat Arab pra Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Semarang tahun 2019/2020

Sutaji, Siti Sulistyaningsih (2019) Efektivitas metode role playing terhadap kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah pada materi kondisi sosial budaya masyarakat Arab pra Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Semarang tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096076_Siti Sulistyaningsih Sutaji]
Preview
Text (skripsi_1503096076_Siti Sulistyaningsih Sutaji)
skripsi_1503096076_Siti Sulistyaningsih Sutaji.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena adanya permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) lebih banyak bercerita, karena siswa tidak mengalami secara langsung tetapi hanya mendengarkan maupun membaca. Walapun setiap pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari tetapi siswa masih sulit untuk memahami setiap contoh-contoh yang diberikan. Salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut adalah kurangnya kreativitas pembelajaran yang dilakukan serta aktifitas belajar yang dilaksanakan tidak mengajak siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran role playing terhadap kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah pada materi kondisi sosial budaya masyarakat arab pra Islam di kelas III Madrasah Ibtidiyah Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah nonequivalent kontrol group design. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III MI Negeri Kota Semarang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas III A yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas III B yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen.
Berdasarkan perhitungan uji t-test dengan dk=57 dan taraf signifikan α = 5% diperoleh thitung = 2,242 > ttabel = 1,672 karena thitung > ttabel maka H0 ditolak yang artinya nilai rata-rata kemampuan dalam mengambil ibrah materi kondisi sosial budaya masyarakat arab pra Islam pada siswa yang diberi perlakuan menggunakan
vi
metode role playing lebih baik dari pada siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode peta konsep. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata eksperimen sebesar 80,03 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol 73.19. Data tersebut menunjukkan adanya efektivitas penggunaan metode role playing terhadap kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah pada materi kondisi sosial budaya masyarak at arab pra Islam di kelas III MI Negeri Kota Semarang.
Berdasarkan data di atas adanya efektivitas penggunaan metode role playing terhadap kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah pada materi kondisi sosial budaya masyarakat arab pra Islam di kelas III MI Negeri Kota Semarang. Peneliti menguji tingkat efektivitas menggunakan uji n-gain, hasil perhitungan n-gain terdapat peninggakatan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah kelas eksperimen dari nilai rata-rata pre-test sebelum diberi perlakuan sebesar 61,78 dan nilai rata-rata post-test setelah diberi perlakuan sebesar 80,03, diperoleh n-gain = 0,477 yaitu dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 477%. Maka dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran role playing efektif terhadap kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah pada materi kondisi sosial budaya masyarakat arab pra Islam di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Semarang tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motode Pembelajaran; role playing; ibrah; Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:28
Last Modified: 29 May 2021 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics