Pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV MIN Kudus tahun ajaran 2019/2020
Berliana, Putri (2019) Pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV MIN Kudus tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
skripsi_1503096029_Putri Berliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model
pembelajaran yang monoton di MIN Kudus yang hampir setiap
pembelajarannya menggunakan metode konvensional (ceramah) hal
ini menyebabkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti proses
pembelajaran matematika hal ini pula yang menyebabkan siswa
kurang mampu menggali potensinya dalam kemampuan berpikir
kritis.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan untuk uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 65 siswa, dengan kelas IV
A yang terdiri dari 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B
yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis
menunjukkan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil
belajar (post test) kelas eksperimen adalah 72,64 sedangkan rata-rata
kelas kontrol adalah 56,31. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa
thitung= 5,22 sedangkan ttabel = 1,998. maka dapat dikatakan bahwa thitung
signifikan karena thitung > ttabel. Pada perhitungan N-gain Karena
maka kelas eksperimen
dikatakan memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan dengan
kelas kontrol. Bahwa kelas ekperimen mendapatkan 46 % dan kelas
kontrol mendapatkan 39%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share; Kemampuan Berpikir kritis siswa; Pembelajaran matematika; MIN Kudus; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Marisatul Aminah |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 03:29 |
Last Modified: | 29 May 2021 02:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12554 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year