Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II MI Pekauman Kendal dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Melalui Diskusi Kelompok-kelompok Kecil

Kholifah, Siti (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II MI Pekauman Kendal dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Melalui Diskusi Kelompok-kelompok Kecil. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093911281_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911281_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 093911281_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911281_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 093911281_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911281_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 093911281_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911281_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 093911281_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911281_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 093911281_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911281_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 093911281_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911281_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas II MI Pekauman Kendal, cara meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Pekauman Kendal dan peningkatan hasil belajar siswa kelas II MI Pekauman Kendal melalui diskusi kelompok-kelompok kecil dalam menyelesaikan soal hitung campuran.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas II MI Pekauman Kendal yang berjumlah 30 siswa. Dari hasil observasi secara langsung di kelas II sebelum penelitian tindakan, dapat diketahui bahwa metode yang diberikan guru pada materi pelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah, peserta didik menunjukkan sikap yang kurang bersemangat dan cenderung pasif dalam mengikuti pelajaran. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui metode Diskusi Kelompok-kelompok kecil dan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, peserta didik lebih termotivasi dalam menerima pelajaran. Penelitian ini dilakukan melalui 2 tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I, pelaksanaan pembelajaran dengan metode ini belum terlaksana secara optimal. Hal tersebut dikarenakan peserta didik belum terbiasa dengan penggunaan metode ini dan peserta didik juga terkesan gaduh dan bergurau sendiri karena banyaknya anggota dalam kelompok.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran melalui metode diskusi kelompok-kelompok kecil. Adanya peningkatan ini dapat dilihat dari keaktifan peserta didik, serta ketertarikan mereka untuk mengikuti pembelajaran melalui metode ini.
Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak serta dapat meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Diskusi Kelompok; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:19
Last Modified: 31 Dec 2013 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics