Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disc pada Materi Pokok Volume Kubus dan Balok di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak pada Kelas V Semester 2 Tahun 2010/2011

Kastono, Ahmad (2012) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disc pada Materi Pokok Volume Kubus dan Balok di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam 2 Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak pada Kelas V Semester 2 Tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri WalisongoSemarang.

[thumbnail of 093911293_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093911293_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093911293_Bab1.pdf]
Preview
Text
093911293_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 093911293_Bab2.pdf]
Preview
Text
093911293_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 093911293_Bab3.pdf]
Preview
Text
093911293_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 093911293_Bab4.pdf]
Preview
Text
093911293_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 093911293_Bab5.pdf]
Preview
Text
093911293_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 093911293_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093911293_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran creative problem solving yang penyajiannya menggunakan Video Compact Disc (VCD). Kajiannya di latar belakangi dengan masih rendahnya minat serta semangat dalam belajar, daya tangkap, kemampuan menghubungkan penulisan dan mengerjakan tugas yang belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan :
Apakah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan media Video Compact Disc dapat meningkatkan prestasi belajar siswa untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok?

Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam 2 Wonosalam Demak.
Data yang diperoleh dengan cara dokumenter, tes, lembar kerja, dan pengamatan serta portofolio peserta didik. Tes dan pengamatan serta portofolio tersebut, diolah dengan analisis kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadan peningkatan indikator pembelajaran creative problem solving dengan media Video Compact Disc yang dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep menyelesaikan masalah volume kubus dan balok. Untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran matematika creative problem solving dengan media Video Compact Disc. Penyelesaian masalah volume kubus dan balok terhadap hasil belajar, akan diuji regresi dengan menggunakan SPSS.
Rencana kegiatan dilaksanakan 2 (dua) siklus yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan metode menyusun instrumen-instrumen pengamatan, proses penyelesaian masalah, serta portofolio peserta didik.

Uraian di atas menunjukkan bahwa :
1. Penggunaan metode pembelajaran dengan media Video Compact Disc dapat meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok. Temuan tersebut memberikan acuan bagi siswa memperoleh nuansa baru dalam pembelajaran matematika, bagi guru diperoleh suatu kreatifitas dan variasi pembelajaran yang lebih menekankan pada tuntutan kurikulum satuan tingkat pendidikan (KTSP), bagi sekolah diperoleh ketepatan implementasi pembelajaran peserta didik dengan tuntutan kurikulum berbasis kompetensi.
2. Penggunaan metode pembelajaran Creative Problem Solving dengan media Video Compact Disc dapat membantu percepatan dalam proses penyelesaian masalah yang dihadapi oleh siswa khususnya masalah-masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Strategi Pembelajaran; Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 08 Jan 2014 04:51
Last Modified: 03 Jul 2021 03:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics