Efektivitas model pembelajaran group investigation berbantu media Flash terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi pecahan di MI NU 03 Kebonagung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal

Muna, Hana Arifatul (2020) Efektivitas model pembelajaran group investigation berbantu media Flash terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi pecahan di MI NU 03 Kebonagung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133911069_Hana Arifatul Muna]
Preview
Text (Skripsi_133911069_Hana Arifatul Muna)
Skripsi_133911069_Hana Arifatul Muna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diatarbelakangi dari hasil observasi kelas III MI NU 03 Kebonagung yaitu diperoleh informasi banyak peserta didik yang masih kurang optimal dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yag kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang afektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Group Investigation berbantu Media Flash terhadap hasil belajar siswa kelas III pada materi Pecahan di MI NU 03 Kebonagung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal tahun ajaran 2019/2020.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 46 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas. Karena di kelas III aa dua kelas yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol dengan 24 peserta didik dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dengan 22 peserta didik, untuk teknik analisis data pretest dan postest peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan N-gain.

Berdasarkan data yang diperoleh nilai pretest pada kelas kontrol dan kelas ekperimen. Rata-rata awal kelas eksperimen adalah 64,77 dan rata-rata kelas kontrol 66,12. Sedangkan berdasarkan data nilai posttest pada kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata akhir dari kelas eksperimen adalah 82,45 dan kelas kontrol 75,33. Sehingga analisis uji kesamaan rata-rata akhir atau posttest dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari thitung > ttabel dengan dk = n1 + n2 - 2, taraf signifikansi 5% thitung = 2.40 dan ttabel = 1.67. Dengan demikian Ho ditolak dan Hɑ diterima, ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 0.45 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0.16 (rendah). Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Pendidikan matematika; Madrasah Ibtidaiyah; Model pembelajaran; Group investigation; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 22 May 2021 07:06
Last Modified: 22 May 2021 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics