Efektivitas model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (high order thinking skill) pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP N 1 Banjarejo tahun ajaran 2019/2020
Wahyuningtyas, Isnin (2020) Efektivitas model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (high order thinking skill) pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP N 1 Banjarejo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_133511005_ISNIN WAHYUNINGTYAS .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem posing efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe hots pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Design penelitian yang digunakan adalah one grup pre-test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII-G yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes awal atau pre-test dan tes akhir atau post test. Uji hipotesis yang digunakan peneliti adalah uji t-test dari data nilai pre-test dan post test yang diberikan pada kelas sampel. Berdasarkan perhitungan uji t-test dengan taraf signifikan α = 5% dan db = 31-1 = 30 diperoleh nilai rata-rata pre-test 51,91 dan post test 71,05. Berdasarkan nilai tersebut diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Problem posing; Siswa; Matematika; High Order Thinking Skill (HOTS); Luas bangun; Volume; Geometri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Wayan Yulianto |
Date Deposited: | 24 May 2021 07:42 |
Last Modified: | 24 May 2021 07:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year