Efektivitas pendekatan RME (realistics mathematics education) terhadap kemampuan berfikir kreatif berbantu LKPD (lembar kerja peserta didik) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN Winong tahun pelajaran 2017/2018

Maisaroh, Siti (2020) Efektivitas pendekatan RME (realistics mathematics education) terhadap kemampuan berfikir kreatif berbantu LKPD (lembar kerja peserta didik) pada materi aritmatika sosial kelas VII SMPN Winong tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403056103_SITI MAISAROH]
Preview
Text (SKRIPSI_1403056103_SITI MAISAROH)
SKRIPSI_1403056103_SITI MAISAROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII SMP N Winong Pati yaitu pembelajaran yang dilakukan guru belum memunculkan seluruh kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki setiap siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatanRME (Realistics Mathematics Education) terhadap kemampuan berpikir kreatif berbantu LKPD (Lembar Kerja Siswa) Pada Materi Aritmatika Sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dan metode tes. Hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% pada penelitian ini diperoleh thitung =3,538 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan berpikir kreatif kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME (Realistics Mathematics Education) pada materi aritmatika sosial efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP N Winong Pati pada materi aritmatika sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Berpikir kreatif; Realistics Mathematics Education (RME); Matematika; Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 27 May 2021 08:39
Last Modified: 27 May 2021 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics