Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI

Pujiati, Estri (2020) Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096029_Estri Pujiati]
Preview
Text (Skripsi_1603096029_Estri Pujiati)
Skripsi_1603096029_Estri Pujiati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang disusun berdasarkan teori APOS masih terbatas, bahan ajar belum dikembangkan guru, kurangnya pemahaman konsep sehingga siswa belum belajar secara mandiri. Peelitian ini menerapkan teori APOS untuk mengembangkan modul materi perkalian dan pembagian pecahan di SD/MI. Teori APOS memfaslitasi siswa mengkonstruk kerangka kerja dari aksi yang berupa rincian materi, proses dan objek unuk memantapkan konsep serta mengorganisasi ke skema guna memecahkan masalah terkait materi perkalian dan pembagian pecahan. kerangka kerja dan konsep yang disusun dengan jelas memudahkan siswa untuk belajar dan mendorong munculnya kemandirian siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan kualitas modul oleh validator ahli materi tergolong sangat layak dengan presentase 85% sedangkan penilaian kualitas modul oleh validator ahli media tergolong pada kategori sangat layak dengan presentase 91%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modul yang disusun berdasarkan teori APOS materi perkalian dan pembagian pecahan SD/MI layak digunakan dan diuji lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Teori APOS; Perkalian Pembagian; Pendidikan Dasar; Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 27 May 2021 08:44
Last Modified: 27 May 2021 08:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics