Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa materi suhu dan kalor mata pelajaran IPA SMPN 1 Boja tahun pelajaran 2019/2020

Mawarti, Herlena (2020) Efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa materi suhu dan kalor mata pelajaran IPA SMPN 1 Boja tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066058_Herlena Mawarti_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1503066058_Herlena Mawarti_Skripsi_Lengkap)
1503066058_HERLENA MAWARTI _Full Skripsi - Herlena Mawarti14.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA materi Suhu dan Kalor terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Boja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimentaldigunakan untuk menyelidiki hubungan sebab-akibat antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol . Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Boja. Teknik pengambilan sampel menggunakan control group designdengan sampel kelas VII B sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Data hasil pre-test digunakan untuk menguji homogenitas dan normalitas awal sedangkan data hasil post-test untuk menguji normalitas akhir, uji hipotesis, dan uji gain. Hasil penelitian thitung sebesar 2,720 > ttabel sebesar 1,67 dan uji gain kelas eksperimen sebesar 0,5345 yang masuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Problem Based Learning; IPA, Hasil Belajar; Suhu dan Kalor
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 29 May 2021 05:26
Last Modified: 29 May 2021 05:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12885

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics