Implementasi nada muri-q pada pembelajaran tahfidz juz’amma di RA Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun 2019/2020
Thaher, Vina Rizqia (2020) Implementasi nada muri-q pada pembelajaran tahfidz juz’amma di RA Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1503106010_Vina Rizqia Thaher_Full Skripsi - Rizqia Thaher(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi metode Nada Muri-q pada pembelajaran tahfidz juz’amma anak usia dini di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya menghafal Al-Qur’an sejak dini. Namun banyak kendala yang dihadapi anak dalam menghafal Al-Qur’an. Diantaranya, anak dibebani dengan metode menghafal yang terkesan monoton dengan tanpa adanya variasi. Bertolak dari hal tersebut, maka dibutuhkan metode menghafal Al-Qur’an yang menyenangkan bagi anak, khususnya bagi siswa kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Maka dari itulah diterapkannya metode Nada Muri-Q di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi Nada Muri-Q dalam pembelajaran Tahfidz Juz’amma di kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang? Dan Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Juz’amma dengan menggunakan Nada Muri-Q di kelas B RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di RA Al-Khoiriyyah 1 Semarang. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan naturalistic, dan semua data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: berdasarkan penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi Nada Muri-Q pada pembelajaran Tahfidz Juz’amma di RA Al Khoiriyyah 1 Semarang dapat disimpulkan bahwa metode Nada Muri-Q ini telah menghasilkan kemajuan yang cukup signifikan yakni tercapainya target hafalan. Keberhasilan tersebut di dukung oleh beberapa faktor. Walaupun demikian, penerapan metode Nada Muri-Q pada pembelajaran Tahfidz Juz’’Amma ini juga belum maksimal dikarenakan adanya kendala atau faktor penghambat yang datang dari beberapa aspek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tahfidz; juz amma; anak-anak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Chusnul Adib Achmad |
Date Deposited: | 29 May 2021 06:54 |
Last Modified: | 29 May 2021 06:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12900 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year