Implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara tahun ajaran 2019/2020

Rizqiyana, Linda (2020) Implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1603106024_Linda Rizqiyana]
Preview
Text (Skripsi_1603106024_Linda Rizqiyana)
1603106024_Linda Rizqiyana_Skripsi Full - Linda Rizqiyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa anak (5-6 tahun) yang perkembangan nilai agama dan moralnya kurang di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara. Salah satu metode yang dapat diterapkan dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak yaitu metode learning by playing (belajar sambil bermain), dan salah satu permainan yang dapat digunakan yaitu permainan ular tangga muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara, dan bagaimana implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara. Fokus penelitian ini adalah implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan meggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Anak-anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatul Athfal Bugel Jepara perkembangan nilai agama dan moralnya meningkat, antara lain meputi: mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, dan sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, serta menghormati (toleransi) agama lain. Diantara keenam poin tersebut yang paling menonjol adalah mengerjakan ibadah, seperti membaca asmaul husna, doa-doa harian, dan surat-surat pendek. 2) Implementasi learning by playing ular tangga muslim dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di RA Tarbiyatil Athfal Bugel Jepara berjalan dengan baik. Dari hasil penerapan permainan ular tangga muslim yang sudah dimainkan oleh anak, secara tidak langsung perkembangan nilai agama dan moral anak bisa meningkat dan sesuai dengan pencapaian ditahap usianya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Agama dan Moral; Learning by Playing; Muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Chusnul Adib Achmad
Date Deposited: 29 May 2021 07:36
Last Modified: 29 May 2021 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics