Urgensi pendidikan anak usia dini dalam masa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Podosari Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2019/2020
Inayah, Naila (2020) Urgensi pendidikan anak usia dini dalam masa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Podosari Cepiring Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1503106040_NAILA INAYAH_FULL SKRIPSI - nayla Inayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana urgensi pendidikan usia dini dalam masa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi podosari kecamatan cepiring tahun ajaran 2019/2020. 2) Bagaimana peran guru dan orang tua dalam pendidikan anak usia dini pada masa Perkembangan Kognitif anak usia 4-5 di TK Pertiwi podosari cepiring kabupaten kendal tahun ajaran 2019/2020?
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana urgensi pendidikan usia dini dalam masa perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi podosari, Bagaimana pendidikan usia dini dalam masa perkembangan kognitif anak di usia 4-5 tahun, mengetahui bagaimana dukungan orang tua terhadap pendidikan usia dini dalam masa perkembangan kognitif anak di TK Pertiwi podosari cepiring kabupaten kendal tahun ajaran 2019/2020
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas A, siswa kelas A dan wali murid. Objek dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak melalui pembelajaran di kelas A. Instrumen dalam penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Pentingnya pendidikan anak usia dini di TK Pertiwi Podosari Cepiring Kendal dapat menjadikan: terstimulasinya kemampuan anak dalam aspek perkembangan dan pertumbuannya, anak terlatih bersosialisasi dengan teman sebayanya dan meningkatkan kemandirianya sehingga lebih siap dalam memasuki jenjang pendidikan yang lebih lanjut, meningkatnnya kesadaran orang tua terhadap pentingnya pendidikan anak di usia dini sehingga orang tua tidak akan merasa canggung lagi untuk menyekolahkan anak nya sejak usia dini, 2) Peningkatan Perkembangan kognitif anak kelompk A di TK Pertiwi Podosari Cepiring Kendal di lakukan dengan: di sekolah guru dalam memeberikan pembelajaran dengan mengunakan metode yang menyenangakan dan tidak membosankan untuk anak, di rumah orang tua juga memiliki cara sendiri – sendiri dalam meningkatkan stimulasi perkembangan kognitif anaknya, Saran dari peneliti yaitu Sebaiknya dilakukan penataan ulang khusnya untuk kelas TK A yang masih menjadi satu dengan kantor kepala sekolah dan dapat meningkatkan kemampuan guru, baik kreatifitas dan ketrampilan dalam pemebelajaran sehingga dapat memberikan variasi baru dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan anak usia dini; Perkembangan kognitif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 04:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 03:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12968 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year