Pengaruh penggunaan media gambar kartun terhadap pemahaman konsep IPS pada siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2019/2020
Faikoh, Silvia Elok (2020) Pengaruh penggunaan media gambar kartun terhadap pemahaman konsep IPS pada siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1603096038_Silvia Elok Faikoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran IPS yang menggunakan pembelajaran konvensional menyebabkan siswa menjadi pasif karena guru hanya menjelaskan materi saja tanpa memberikan contoh atau media yang membuat siswa berfikir tentang materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media gambar kartun terhadap pemahaman konsep IPS pada siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah 27 orang dan kelas IVB dengan jumlah 28 orang. Kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi tes, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir yang menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep IPS siswa yang menggunakan media gambar kartun lebih baik daripada siswa yang memperoleh metode konvensional/ceramah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata posttest siswa kelas eksperimen sebesar 77,22 sedangkan untuk rata-rata posttest siswa kelas kontrol sebesar 62,50. Perbedaan ini diperkuat berdasarkan hasil uji “t”dengan hasil p-value = 0,000 < α = 0,05 maka H0: μ1=μ2 ditolak dan Ha: μ1>μ2 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep IPS pada siswa yang menggunakan media gambar kartun lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional atau ceramah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep; Media pembelajaran; Gambar kartun; Pembelajaran IPS |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Affa Ardhi Saputri |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 06:34 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 06:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12987 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year