Meningkatkan pengenalan kosakata bahasa inggris melalui pembelajaran kooperatif make a match untuk anak usia dini kelompok B di RA Masyithoh Tugurejo Semarang Tahun 2019/2020
Perwira, Restu Siwa Anggur (2020) Meningkatkan pengenalan kosakata bahasa inggris melalui pembelajaran kooperatif make a match untuk anak usia dini kelompok B di RA Masyithoh Tugurejo Semarang Tahun 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1603106047_Restu Siwa Anggur Perwira_Full Skripsi - restu siwa(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Anak Usia Dini Kelompok B di RA Masyithoh Tugurejo Semarang Tahun 2019/2020” bertujuan untuk meningkatkan pengenalan kosa kata bahasa Inggris anak usia dini kelompok B RA Masyithoh Tugurejo Semarang.
Subyek penelitian adalah anak kelompok B RA Masyithoh Tugurejo Semarang, yang berjumlah 25 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan masing – masing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi.
Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan kolabolator wali kelas B bu Asfiyah S.Pd.I, peneliti di sini bertindak sebagai guru dan wali kelas B bertindak sebagai observer/pengamat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan kosakata bahasa Inggris melalui pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan pengenalan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelompok B RA Masyithoh pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 Kecamatan Tugurejo Kota Semarang. Setelah dilaksanakan penelitian peningkatan pengenalan kosakata bahasa Inggris dari siklus I ke siklus II, peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I jumlah anak yang sudah berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik berjumlah 5 anak atau 20% meningkat pada siklus II menjadi 96% atau yang terdiri dari 22 anak berkembang sesuai harapan dan 2 anak berkembang sangat baik, berarti terjadi peningkatan sebesar 72% dari siklus I ke siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif make a match; Pengenalan kosakata |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 05 Jun 2021 02:21 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 02:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12991 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year