Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berpikir kritis mata pelajaran PPKN pada peserta didik kelas V MI Taufiqiyah Semarang

Savira, Mutiara Silvie (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berpikir kritis mata pelajaran PPKN pada peserta didik kelas V MI Taufiqiyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096040_Mutiara_Silvie_Savira]
Preview
Text (Skripsi_1603096040_Mutiara_Silvie_Savira)
Skripsi_1603096040_Mutiara Silvie Savira.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe time token merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik untuk mengeluarkan pendapat atau menyampaikan gagasan yang ingin disampaikan setiap peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MI Taufiqiyah dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling kelas yang digunakan yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis data keterampilan berpikir kritis peserta didik terdapat perbedaan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis yaitu siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari perhitungan data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Time Token; Kooperatif Learning; Berpikir Kritis; Pembelajaran PPKN
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:41
Last Modified: 07 Jun 2021 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12995

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics