Pengembangan bahasa anak melalui lagu anak usia 3 sampai 4 tahun di KB Ananda Taqwa Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2019/2020

Nofianto, Yoga (2020) Pengembangan bahasa anak melalui lagu anak usia 3 sampai 4 tahun di KB Ananda Taqwa Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106050_Yoga nofianto_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1603106050_Yoga nofianto_lengkap)
1603106050 Yoga Nofianto Lengkap Tugas Akhir - Nofianto yoga(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengembangan bahasa anak usia 3 sampai 4 tahun secara realita. Pada dasarnya anak-anak dilahirkan secara fitrah, dan mempunyai jati diri masing-masing. Bahasa yang dimiliki anak masih rentan dalam belum jelas. Dan hal tersebut perlu ditingkatkan untuk perkembangan bahasa menuju dewasa. Pembelajaran untuk anak usia dini itu harus menyenangkan dan tidak membosankan. Supaya anak nyaman dalam proses pembelajaran. Guru mengatur anak didiknya supaya kondisi kelasnya kondusif dan anaknya memperhatikan penuh atas penjelasan gurunya. Dengan adanya pengembangan bahasa melalui lagu anak, tentu saja anak anak akan lebih tertarik karena bagi anak adalah hiburan yang sangat menyenangkan untuk dirinya pribadi.
Penelitian ini dilakukan untuk anak usia 3 sampai 4 tahun di KB Ananda Taqwa Kecamatan Subah Kabupaten Batang, terkhusus untuk guru dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini dari segala aspek apapun. Oleh karena itu, penelitian ini mengambil fokus permasalahan antara lain:
Pertama, pengembangan bahasa anak usia 3 sampai 4 tahun di KB Ananda Taqwa Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Kedua, pengembangan bahasa anak melalui lagu anak usia 3 sampai 4 tahun di KB Ananda Taqwa Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Metode penelitian yang diterapkan di KB Ananda Taqwa adalah metode kualitatif. Tehnik pencarian datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk tehnik analisis datanya menggunakan tehnik deskriptif analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran menggunakan lagu kemampuan bahasa anak yang meliputi kemampuan memahami bahasa responsif, mengekspresikan bahasa dan keaksaraan yang telah meningkat. Peningkatannya adalah dalam segi pengucapan dan segi penghafalan. Seperti pengucapan anak sudah jelas, dilihat dari kesehariannya anak-anak saat tanya jawab di dalam kelas dengan gurunya. Kemudian segi penghafalannya juga sudah baik yaitu anak-anaknya telah menghafalkan surat-surat pendek setiap harinya sebelum proses pembelajaran dimulai.
Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan pengembangan bahasa anak usia 3 sampai 4 tahun di KB Ananda Taqwa sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian di KB Ananda Taqwa dari segi guru mempersiapkan RPPH dan RPPM, kemudian guru mempersiapkan alat untuk proses pembelajaran serta mempersiapkan siswanya untuk belajar dalam menyediakan media baik gambar maupun lagu yang menarik sehingga pembelajaran di dalam kelas nyaman. Segi evaluasi, kegiatan bernyanyi melalui lagu edukatif yang dilakukan guru sudah baik dan sistematis. Dan metode lagu “Ada si kura – kura” pun telah mampu membuat bahasa anak dalam pengenalan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembamgan bahasa; Anak usia dini; Lagu anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 05 Jun 2021 02:43
Last Modified: 05 Jun 2021 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12997

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics