Pengembangan bahan ajar materi hubungan antar garis dan diagram berdasarkan teori apos pada kelas IV SD/MI

Cholilah, Siti Nur (2020) Pengembangan bahan ajar materi hubungan antar garis dan diagram berdasarkan teori apos pada kelas IV SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096060_Siti_Nur_Cholilah]
Preview
Text (Skripsi_1603096060_Siti_Nur_Cholilah)
Skripsi_1603096060_Siti Nur Cholilah.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar materi hubungan antar garis dan diagram berdasarkan teori APOS pada kelas IV SD/MI. Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran yang dilakukan di kelas kurang bervariatif dan bahan ajar yang digunakan cenderung kurang membuat peserta didik menjadi semangat belajar. Dengan demikian untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif seorang guru harus dapat menciptakan suatu iklim pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Serta guru juga harus dapat memilih teori belajar yang tepat dan penggunaan bahan ajar yang menarik dalam proses pembelajaran sehingga menciptakan suatu kondisi pembelajaran yang menyenangkan untuk peserta didik. Skripsi ini memiliki tujuan, yaitu: untuk mengetahui kelayakan bahan ajar modul materi hubungan antar garis dan diagram berdasarkan teori APOS pada kelas IV SD/MI.
Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian dan pengembangan yang lebih dikenal dengan Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan berdasarkan model 4-D (four-D model) yang dimodifikasi menjadi 3-D yang meliputi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian validitas skala 1 sampai 5. Penilaian dilakukan oleh dua dosen ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Angket penilaian validitas oleh ahli materi memuat 4 aspek yaitu: isi, penyajian, kebahasaan dan teori APOS. Serta angket penilaian validitas oleh ahli ahli media memuat 3 aspek yaitu: penyajian, kegrafikan dan kualitas tampilan modul.
Data hasil penilaian berupa data kualitatif yang dikonversikan menjadi data kuantitatif dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan validitas kelayakan modul. Hasil dari penilaian menunjukan bahwa kualitas modul termasuk dalam klasifikasi sangat layak/sangat valid dengan skor rata-rata 4,55 pada rentang skor skala 5.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Modul Pembelajaran; Teori APOS; Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 07 Jun 2021 07:23
Last Modified: 07 Jun 2021 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics