Pengaruh metode bernyanyi berbantu media pop up book terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas V materi فِيْ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَةِ di MI Natijatul Islam Sumberejo, Jaken Pati tahun ajaran 2019/2020

Hana, Yusrul (2020) Pengaruh metode bernyanyi berbantu media pop up book terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas V materi فِيْ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَةِ di MI Natijatul Islam Sumberejo, Jaken Pati tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603096072_Yusrul_Hana]
Preview
Text (Skripsi_1603096072_Yusrul_Hana)
Skripsi_1603096072_ Yusrul Hana.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode bernyanyi berbantu media pop up book terhadap penguasaan kosa kata bahasa arab pada siswa kelas V materi فِيْ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَةِ di MI Natijatul Islam Sumberejo, Jaken, Pati. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suasana pembelajaran yang cenderung pasif di kelas V dikarenakan penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga kosa kata yang dikuasai belum maksimal dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bernyanyi berbantu media pop up book terhadap penguasaan kosa kata bahasa arab pada siswa kelas V materi فِيْ مَكْتَبَةِ الْمَدْرَسَةِ di MI Natijatul Islam Sumberejo, Jaken, Pati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MI Natijatul Islam Sumberejo, Jaken, Pati dengan desain quasi experimental design dengan bemtuk non-equivalen control group design. Sample pada penelitian ini adalah kelas VA (kelas eksperimen) yang terdiri dari 20 siswa dan V B (kelas kontrol) yang terdiri dari 20 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan tehnik uji independen sample t-test. Rata-rata nilai posttest kelompok kontrol sebesar 67,75% dan kelompok eksperimen sebesar 78,50%. Berdasarkan perhitungan analisis data yang diperoleh adalah nilai signifikansi = 0,000 < 0, 05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa metode bernyanyi berbantu media pop up book berpengaruh terhadap penguasaan kosa kata pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Bernyanyi; Media pembelajaran; Pop up book; Penguasaan kosa kata; Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic > 492.71 Fonologi, sistem tulisan bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 11 Jun 2021 02:03
Last Modified: 11 Jun 2021 02:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13036

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics